“Inovasi Pembelajaran Digital Sebagai Wujud Implementasi Kurikulum Merdeka”
Salam ππ, Semangat πͺ& Bahagia bapa Ibu Guru Hebat π,
Bapa ibu Sebagai guru kita dituntut dengan tulus dan semangat yang tinggi memberikan proses pembelajaran yang menarik dan menyenangkan bagi peserta didik. Di era digital ini Tersedianya platform teknologi mampu memudahkan kita sebagai guru untuk belajar ,berkreativas dan memanfaatkan platform teknologi yang ada dengan baik agar mampu memberikan pembelajaran yang menarik dan menyenangkan bagi peserta didik.
Pemerintah Indonesia bersama KemendikbudRistek dan BLPT mendukung guru untuk terus mengembangkan kompetensi di bidang TIK dengan memprogramkan kegiatan PemBaTIK ditiap tahun-nya, dengan PemBaTIK ( Pembelajaran Berbasis TIK) guru terlatih untuk menggunakan platform teknologi yang ada agar mampu membawahi murid menggunakan dan memanfaatkan teknologi dengan bijak. Saya pun melakukan praktik baik dengan menerapkan inovasi Pembelajaran Digital di kelas saya dengan memanfaatkan berbagai Platform teknologi yang mendukung kegiatan pembelajaran. berikut videonya,
Bapa ibu guru Hebat Pada kesempatan ini saya akan berbagi Praktik inovasi pembelajaran yang saya lakukan dikelas dengan memanfaatkan Platform teknologi digital Serta berbagi dan berkolaborasi mengenai inovasi pembelajaran yang telah saya lakukan.
Pada praktik inovasi pembelajaran di kelas saya memanfaatkan MPI atau Multimedia Pembelajaran Interaktif menggunakan model pembelajaran mandiri yaitu model SAVI (somatic,Audiotory,Visual & Intelectual) pada mata pelajaran matematika kelas 6 materi Pecahan. berikut link MPI seri belajar 1 pecahan dengan judul "BelMaM"(Belajar Matematika Mudah) pada MPIAdapun sintaks Model pembelajaran SAVI sebagai berikut :
2. Tahap penyampaian ( saya memberikan gambaran mengenai Multimedia pembelajaran Interaktif yang saya buat agar dapat digunakan juga oleh siswa dengan baik. Saya menunjukkan cara menggunakan MPi ini agar siswa dapat berselancar dengan mudah dalam proses belajarnya, terdapat video pembelajaran pada youtoube dan materi topik pembelajaran) Saya juga tidak lupa menyampaikan bahwa selain media pembelajaran yang ada terdapat sumber belajar lain yang dapat diakses melalui menu WEB(sumber belajar lain )
3. Tahap pelatihan ( Pada tahap pelatihan siswa mulai mengoperasikan MPI dan suasana pembelajaran mandiri siap dimulai, guru memfasilitasi siswa untuk melihat tujuan pembelajaran, lalu memilih gaya belajar yang sesuai dengan keinginan mereka, Akan terjadi interaksi dalam menonton video karena saya sudah mendesign video saya dengan platform Lumi education agar videonya dapat terpaused otomatis ketika ada pertanyaan selama menonton dan menyelesaikan tugas yang ada lalu dapat melanjutkan.
4. Tahap penampilan (Pada tahap ini siswa siap berlatih mengerjakan soal sambil bermain memanfaatkan platform teknologi digital yang sudah saya masukan didalam MPI. Mereka juga dapat berkolaborasi dengan teman untuk bersama-sama menyelesaikan game yang ada pada MPI dengan memanfaatkan platform wordwall dan Quiziz . Saya juga memebrikan simulasi Asesmen sumatif akhir melalui goggle form dengan mengangkat kearifan lokal yang kaya akan kebun kelapa dengan menyisipkan soalmengenai pembagian hasil panen kebun kelapa. Pada akhir pembelajaran saya memperkuat pengetahuan siswa dan berefleksi tentang kegiatan pembelajaran yang telah kami lalui..
Pada kegiatan selanjutnya saya berbagi
praktik baik & berkolaborasi secara luring . pada tanggal 21 hingga 24 oktober saya berbagi dengan 2 sesi kegiatan, pada sesi pertama mengenai program Pembatik dan sesi ke 2 mengenai inovasi pembelajaran digital memanfaatkan platform teknologi digital yang saya gunakan. Saya memulai dari tempat bertugas SDI watowaeng lalu Ke SMPN Lamatewelu dan dilanjutkan ke SDK Tobi
Secara daring / tatap maya, Pada kesempatan pertama saya berbagi bersama Duta teknologi NTT tahun 2023 dan bersama ke 6 sahabat tekno NTT dengan judul kegiatan “pemanfaatan platform teknologidigital dalam mewujudkan pembelajaran yang interaktif dan kolboratif” kegiatn berbagi berjalan lancar dan terjadi interaksi dari peserta bersama kami, Pada kesempatan kedua saya berbagi bersama kepala BGP NTT dan kordinator nasional guru pengerak NTT dan daerah serta sahabat teknologi kab Flotim dengan judul kegiatan “berbagi praktik baik inovasi pembelajaranberbasik TIk” kegiatan berbagi berjalan lancar dan terjadi respon balik yang baik dari peserta.
Sekian praktik baik yang saya lakukan semoga bermanfaat dan
dapat bapa ibu guru terapkan disekolah bapa ibu, salam Sehat &
semangat untuk kita semua..
-Salamπͺ Semangat belajar-π
#BLPTKemendikbudristek
#MerdekaBelajar
#PembaTIK2024
#SahabatTeknologiKemendikbudristek
#PlatformMerdekaMengajar
Tetap semangat berbagi dan berkolaborasi
BalasHapus