Senin, 28 Oktober 2024

Senang Belajar#12# “Inovasi Pembelajaran Digital Sebagai Wujud Implementasi Kurikulum Merdeka”

 

“Inovasi Pembelajaran Digital Sebagai  Wujud Implementasi Kurikulum Merdeka”

Salam  πŸ™πŸ™, Semangat πŸ’ͺ& Bahagia bapa Ibu Guru Hebat πŸ˜‡, 

Bapa  ibu Sebagai  guru kita dituntut dengan tulus dan semangat yang tinggi memberikan proses pembelajaran yang menarik dan menyenangkan bagi peserta didik. Di era digital  ini Tersedianya platform teknologi mampu memudahkan kita sebagai guru untuk belajar ,berkreativas dan memanfaatkan  platform teknologi yang ada dengan baik agar mampu memberikan pembelajaran yang  menarik dan menyenangkan bagi peserta didik.

Pemerintah Indonesia bersama KemendikbudRistek dan BLPT mendukung  guru untuk terus mengembangkan kompetensi di bidang TIK dengan memprogramkan kegiatan PemBaTIK ditiap  tahun-nya, dengan PemBaTIK ( Pembelajaran Berbasis TIK) guru terlatih untuk menggunakan platform teknologi  yang ada   agar mampu membawahi murid menggunakan dan  memanfaatkan teknologi dengan bijak. Saya pun melakukan praktik baik dengan menerapkan inovasi  Pembelajaran Digital di kelas saya dengan memanfaatkan berbagai Platform teknologi yang mendukung kegiatan pembelajaran. berikut videonya,

Bapa ibu guru Hebat Pada kesempatan ini saya akan berbagi Praktik inovasi pembelajaran yang saya lakukan dikelas dengan memanfaatkan Platform teknologi digital Serta berbagi dan berkolaborasi mengenai inovasi pembelajaran yang telah saya lakukan. 

Pada praktik inovasi pembelajaran di kelas saya memanfaatkan MPI atau Multimedia Pembelajaran Interaktif menggunakan model pembelajaran mandiri yaitu model SAVI (somatic,Audiotory,Visual & Intelectual) pada mata pelajaran matematika kelas 6 materi Pecahan. berikut link MPI seri belajar 1 pecahan dengan judul "BelMaM"(Belajar Matematika Mudah) pada MPI 


Adapun sintaks Model pembelajaran SAVI sebagai berikut :

 1. Tahap persiapan (Saya menyiapkan dan memastikan lingkungan belajar menjadi kondusif sebelum memulai pembelajaran serta memberikan penguatan sebelum memulai pelajaran, Pada tahap ini saya juga menyiapkan perangkat TIK berupa chormebook sebagai sarana utama dalam belajar.)

2. Tahap penyampaian ( saya memberikan gambaran mengenai Multimedia pembelajaran Interaktif yang saya buat agar dapat digunakan juga oleh siswa dengan baik. Saya menunjukkan cara menggunakan MPi  ini agar siswa dapat berselancar dengan mudah dalam proses belajarnya, terdapat video  pembelajaran pada youtoube dan materi  topik pembelajaran) Saya juga tidak lupa  menyampaikan bahwa selain media pembelajaran yang ada terdapat sumber belajar lain yang dapat diakses melalui menu WEB(sumber belajar lain ) 

3. Tahap pelatihan ( Pada tahap pelatihan siswa mulai mengoperasikan MPI dan suasana pembelajaran mandiri siap dimulai, guru memfasilitasi siswa untuk melihat tujuan pembelajaran, lalu  memilih gaya belajar yang sesuai dengan keinginan  mereka, Akan terjadi interaksi dalam menonton video  karena saya sudah mendesign video  saya dengan platform Lumi education agar videonya dapat terpaused otomatis ketika ada pertanyaan  selama menonton dan menyelesaikan tugas yang ada lalu dapat melanjutkan.

4. Tahap penampilan (Pada tahap ini siswa siap  berlatih mengerjakan soal  sambil bermain memanfaatkan platform teknologi digital yang sudah saya masukan didalam MPI. Mereka juga dapat berkolaborasi dengan teman untuk bersama-sama menyelesaikan game  yang ada pada MPI dengan memanfaatkan platform wordwall dan Quiziz . Saya juga memebrikan simulasi Asesmen sumatif akhir melalui  goggle form dengan mengangkat kearifan lokal yang kaya akan kebun kelapa dengan menyisipkan soalmengenai pembagian hasil panen kebun kelapa. Pada akhir pembelajaran saya memperkuat pengetahuan siswa dan berefleksi tentang kegiatan pembelajaran yang telah kami lalui..

Pada kegiatan selanjutnya saya berbagi praktik  baik & berkolaborasi secara luring . pada tanggal 21 hingga 24 oktober saya berbagi dengan 2 sesi kegiatan, pada sesi  pertama mengenai program Pembatik dan sesi ke 2 mengenai inovasi pembelajaran digital memanfaatkan platform teknologi digital yang saya  gunakan. Saya memulai dari tempat bertugas SDI watowaeng lalu Ke SMPN Lamatewelu dan dilanjutkan ke SDK Tobi


Secara daring / tatap maya, Pada kesempatan pertama saya berbagi bersama Duta teknologi NTT tahun 2023 dan bersama ke  6  sahabat tekno NTT  dengan  judul kegiatan “pemanfaatan platform teknologidigital dalam mewujudkan pembelajaran yang interaktif dan kolboratif” kegiatn berbagi berjalan lancar dan terjadi interaksi dari peserta bersama kami, Pada kesempatan kedua saya berbagi bersama kepala BGP NTT dan kordinator nasional guru pengerak NTT dan daerah serta sahabat teknologi kab Flotim dengan judul kegiatan “berbagi praktik baik inovasi pembelajaranberbasik TIk” kegiatan berbagi berjalan lancar  dan terjadi respon balik yang baik dari peserta.

Sekian praktik baik yang saya lakukan semoga bermanfaat dan dapat bapa ibu guru terapkan disekolah bapa  ibu, salam Sehat & semangat untuk kita semua..

-SalamπŸ’ͺ Semangat belajar-😚

#BLPTKemendikbudristek

 #MerdekaBelajar 

#PembaTIK2024 

#SahabatTeknologiKemendikbudristek 

#PlatformMerdekaMengajar

1 komentar: